di bawah ini adalah tugas IBD, dari soal pertanyaan di bawah ini jawabannya yang di kasih tanda silang dan berwarna merah ya supaya tidak keliru. Semoga dari jawaban-jawaban soal tersebut bisa menambah pengetahuan dan sangat bermanfaat buat kita.
1. Mata kuliah pengantar ilmu sosial bersifat :
a. memberi arahan penekanan materi seluruh ilmu-ilmu sosial
b. memberi arahan penekanan secara global dan tidak mendalam
c. memberi arahan penekanan pada subyek oriented menuju specialisasi
d. memberi penekanan mataeri ilmu sosial secara terperinci
Jawaban : A
2. Ilmu sosial dasar adalah :
a. ilmu yang membahana mengenai masalah sosial dalam kehidupan
masyarakat
b. ilmu yang memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral
c. tujuan pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi
d. pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang
menggunakan pengertian-pengertian ( fakta, teori, konsep) berasal
dari berbagai bidang pengetahuan keahlian
Jawaban : D
3. Latar belakang diberikannya ISD pada prinsipnya adalah menghindari :
a. anggapan bahwa sistem pendidikan kita hanya mementingkan sosial science
b. kritik terhadap sistem pendidikan kita oleh sejumlah cendikiawan
c. anggapan bahwa sistem pendidikan kita tidak berbau kolonial
d. a, b dan c benar
Jawaban : C
4. Tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan memiliki tiga ketrampilan yang tidak termasuk kedalam kemampuan ini adalah :
a. personal c. likwidasi
b. akademis d. profesional
Jawaban : C
5. Profesional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan, maksudnya adalah :
a. para tenaga ahli diharapkan mempunyai pandangan yang luas
b. peka terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia
c. para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan
yang tinggi dalam bidang profesi
d. a, b dan c benar
Jawaban : C
6. ISD termasuk program pendidikan umum ( MKDU ), tujuan dari MKDU adalah untuk
a. memperluas cakrawala perhatian dan pengetahuan para mahasiswa
sehingga tidak terbatas pada bidang pengetahuan keahlian golongan
asal masing-masing
b. memberi pemahaman kepada mahasiswa sebagai layaknya mata kuliah
lain yang diberikan
c. mengantarkan mahasiswa agar menjauhi masalah-masalah sosial
d. a, b dan c benar
Jawaban : A
7. Salah satu definisi ISD adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Dari pernyataan itu maka ISD itu bersifat :
a. subject-oriented c. problem-oriented
b. object-oriented d. humanties
Jawaban : C
8. Ilmu pengetahuan sosial ( IPS ) merupakan :
a. ilmu yang mempelajari manusia dan interaksinya
b. bidang studi yang merupakan paduan dari sejumlah mata pelajaran
sosial
c. suatu program pelajaran baru yang dikembangkan di perguruan tinggi
d. a, b dan c benar
Jawaban : B
9. Filsafat merupakan sumber ilmu pengeatahuan alam maupun sosial. Hakekat dari ilmu filsafat adalah mempersoalkan
a. asal-usul ilmu pengetahuan
b. hidup dan kehidupan manusia didunia
c. rasa ingin tahu manusia mengenai dunia
d. pencabangan ilmu pengetahuan
e. penelaahan alam sekitar dan perkembangannya
Jawaban : B
10. Menghadapi era globalisasi, lulusan perguruan tinggi dituntut kualitasnya secara memadai. Kualitas tersebut harus terlihat dengan diperolehnya pengetahuan, sikap, tingkah laku dan tindakan sebagai cerminan kepribadian Indoensia. Perolehan-perolehan ini adalah merupakan sebgaian dari kemampuan
a. personal
b. profesonal
c. akademik
d. manajerial
e. vokasional
Jawaban : A
11. Lulusan perguruan tinggi perlu memiliki wawasan yang tidak terbatas pada bidang keahliannya. ISD adalah bagian dari program mata kuliah dasar umum untuk membawa mahasiswa agar
a. memiliki keahlian beragam menghadapi persaingan dunia kerja
b. menyadari posisinya sebagai calon pemimpin masa depan
c. peka, terbuka, dan ada rasa tanggung jawab terhadap masalah
sekitar
d. selalu mengikuti perkembangan masalah – masalah masyarakat
e. memiliki kemampuan tinggi dalam profesinya
Jawaban : C
12. ISD dan pengetahuan sosial dibedakan keduanya dalam hal orientasi atas pendekatan yang dilakukan. Beda keduanya adalah :
a. isd berorientasi materi, pengetahuan sosial berorientasi multidisiplin
b. isd berorientasi materi, pengetahuan sosial berorientasi inter disiplin
c. isd berorientasi inter disiplin, pengetahuan sosial berorientasi praktis
d. isd berorientasi inter disiplim, pengetahuan sosial berorientasi materi
e. isd berorientasi praktis, pengetahuan sosial berorientasi materi
Jawaban : D
0 komentar:
Posting Komentar