1. KONSEP KONVERGENSI
Pengertian
harfiahnya adalah dua benda atau lebih bertemu/bersatu di suatu titik;
pemusatan pandangan mata ke suatu tempat yang amat dekat. Secara umum,
konvergensi adalah penyatuan berbagai layanan dan teknologi komunikasi serta
informasi (ICTS – Information and Communication Technology and Services).
KONVERGENSI
TEKNOLOGI
Dalam
sejarah teknologi, kemunculan teknologi, merupakan bagian dari
perkembangan mutakhir, mewakili kemajuan dewasa ini dan inovasi di sekitar abad
ke-21 di berbagai bidang teknologi.
Berbagai integrasi
teknologi telah muncul dalam konvergensi teknologi
dari sistem yang berbeda yang berkembang menuju melaksanakan tugas serupa.
- Konvergensi teknologi yang terbesar dalam pandangan sosial zaman ini adalah ketika ditemukan telepon, televisi dan komputer.
- Kemudian ketika teknologi ini dapat disatukan dalam sebuah teknologi baru bernama teknologi internet yang akhirnya berkembang tanpa batas.
§
Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia, Konvergensi adalah keadaan menuju satu titik pertemuan;
memusat. Konvergensi antara teknologi informasi yang dipadukan dengan teknologi
telekomunikasi yang membawa kemudahan dalam komunikasi dan networking
melahirkan suatu kolaborasi menarik yang diminati masyarakat dan dapat
bermanfaat besar bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat dapat dengan
mudahnya saling bertukar voice, data, hingga video.
§
Contoh dari
konvergensi itu adalah perkembangan handphone (berawal dari voice lalu
bertambah keperluan sms dan bertambah lagi menjadi kebutuhan tukar
menukar data hingga akhirnya lahir 3G, kemudian 3,5G dan akan berkembang lagi
WIMAX dan 4G) , koneksi internet (dengan menggunakan dial up connection, ADSL
ataupun internet mobile). Dari kekonvergenan itu, yang paling menunjang
pendidikan adalah internet beserta perangkatnya.
2. KONSEP JEJARING
SOSIAL
A. Definsi
Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri
dari elemen-elemen individual atauorganisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana
mereka berhubungan karena kesamaansosialitas, mulai dari mereka yang dikenal
sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah inidiperkenalkan oleh profesor J.A.
Barnes di tahun 1954.Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk
dari simpul-simpul (yang umumnyaadalah individu atau organisasi) yang diikat
dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik sepertinilai, visi, ide, teman,
keturunan, dll.
B. Sejarah
Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya
dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial
melalui komunikasi antar komputer.Situs jejaring sosial diawali oleh
Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus padahubungan antar mantan teman
sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuatikatan tidak langsung.
Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun1999 adalah
berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaringsosial
yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan
yangkemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001.
Inovasi meliputitidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi
memberikan penggunakontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005,
suatu layanan jejaring sosialMySpace, dilaporkan lebih banyak diakses
dibandingkan Google dengan Facebook, pesaingyang tumbuh dengan cepat.Jejaring
sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005
ketikaYahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation
membeliMySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember
2005.Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model
jejaring sosial ini.
C. Layanan
Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang
menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi
seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi
grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya.
Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna
lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup
untuk dapat saling sharing didalamnya. Contoh jejaring sosial yang banyak
digunakan saaat ini adalah:
·
Facebook (
www.facebook.com )
·
Twitter
(www.twitter.com )
·
Kaskus (
www.kaskus.com )
·
Yahoo
Messenger ( www.messenger.yahoo.com )
·
Plurk (
www.plurk.com )
D.
Dampak Negatif
Kemunculan situs jejaring sosial
ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face)
cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial
karena lebih praktis. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini
membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang
berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak
negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan
terganggunya privasi seseorang.
E. Dampak
positif
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita
untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia
dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon.Selain itu,
dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung
secara cepat.
33. KONSEP
PODCASTING
A.
Defenisi
Podcasting
Serangkaian berkas media digital (baik audio maupun
video) yang diterbitkan sewaktu-waktu dan sering diunduh melalui penyalur-sedia
web (web syndication). Kata ‘podcast’ menelantarkan istilah ‘webcast’ dalam
bahasa sehari-hari, karena meningkatnya kegemaran iPod dan pasokan web (web
feed). Cara pengiriman siniar berbeda dengan cara-cara lain – seperti pengunduhan
langsung atau penyiaran web beralir (web streaming) – untuk memperoleh berkas
media melalui Internet. Daftar semua berkas audio atau video yang terkait
dengan rentengan (series) tertentu itu dipelihara secara terpusat pada peladen
pengedar (distributor’s server) sebagai pasokan web, dan para pendengar atau
penonton menggunakan pengunduh siniar (podcatcher) untuk mendapatkan pasokan
web, memeriksa pemutakhiran baru, dan mengunduh berkas baru dalam rentengan
tersebut. Cara-cara itu dapat diatur untuk berjalan sendiri sehingga berkas
baru dapat diunduh dengan sendirinya.
B.
Manfaat
Podcasting
Ada banyak manfaat dari Podcasting yang dapat Anda
terima jika Anda menggunakannya sebagai salah satu pemasaran dan alat
komunikasi:
- Meningkatkan visibilitas situs Anda
Audiens target Anda akan dapat menemukan situs Anda
lebih mudah ketika Anda daftar podcast Anda di direktori podcast yang tersedia.
Visibilitas untuk situs Anda akan meningkat sangat. Demikian pula, mesin
pencari akan dapat menemukan podcast Anda lebih mudah juga.
- Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif
Salah satu manfaat penting dari Podcasting adalah
kenyataan bahwa itu benar-benar menyediakan alat komunikasi tambahan untuk
bisnis online Anda. Orang-orang akan datang untuk tahu tentang situs Anda. Apa
yang telah ditulis dan ditawarkan di situs Anda akan bisa mendapatkan
kredibilitas Anda sebagai seorang penulis ahli di bidang Anda.
- Memberikan kesempatan untuk memberikan nilai tambah menawarkan
Podcasting memungkinkan Anda untuk memberikan nilai
tambah menawarkan dalam format audio. Ini akan mempertahankan kepentingan
pembaca dan pelanggan sama seperti mereka akan senang dengan tawaran ini.
Mereka dapat kembali ke situs Anda untuk podcast mingguan “Pilihan Hot Tips
untuk minggu ini”, ini akan menjadi favorit panas bagi mereka dalam perdagangan
opsi.
- Menyediakan retensi memori yang lebih baik
Podcasting melibatkan melihat, mendengar dan
mengalami. Jika digabungkan, memberikan hasil terbaik untuk retensi memori
sekitar 75% untuk rata-rata orang. Ini menyimpulkan bahwa pesan audio pasti
lebih berkesan dari hanya teks biasa. Retensi memori adalah salah satu manfaat
lebih penting bisa Anda dapatkan dari Podcasting.
C.
Komponen
Podcasting
- File audio
- Podcast Server
- RSS FEED
44. KONSEP RSS
A.
Defenisi RSS
RSS adalah kepanjangan dari Really Simple Syndication
yang berupa sebuah file berformat XML. Sindikasi tersebut umumnya digunakan
oleh situs web berita atau blog untuk memberikan info-info terbaru kepada para
pembacanya. Situs berita atau blog memiliki isi/artikel yang terus berubah
secara berkala, karena itulah maka situs/blog menggunakan sistem RSS agar para
“pelanggannya” tidak ketinggalan info. Sama halnya seperti koran atau majalah,
kita harus berlangganan untuk terus mendapatkan berita-berita terbaru hanya
saja bedanya dengan sistem RSS adalah anda dapat berlangganan secara gratis.
B.
Sejarah RSS
Berdasarkan sejarahnya, RSS pertama kali digunakan
oleh pembuat browser Netscape pada tahun 1999 yang mendefinisikannya sebagai
RDF Site Summary, yang kemudian dikenal dengan RSS versi 0.9. Lalu muncul
RSS 1.0 dan merubah akronim RSS menjadi Rich Site Summary. Terakhir, muncul RSS
2.0 pada september 2003 yang mempopulerkan istilah Really Simple Syndication
sebagai definisi RSS. Sementara format Atom muncul pada Desember 2003
sebagai bentuk lain dari banyaknya versi dan definisi RSS yang beredar.
C.
Manfaat RSS
RSS biasanya digunakan secara luas di website yang
menyediakan konten yang dinamis dan terupdate secara berkala, seperti halnya
blog, portal berita, dan lain-lain. RSS digunakan secara luas oleh komunitas
weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga
menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. RSS digunakan pada
hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk:
pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang
membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi. Manfaat yang
diperoleh dengan adanya RSS adalah pembaca sangat dimudahkan dalam mengetahui
update terbaru suatu website tanpa perlu mengunjungi alamat website tersebut,
karena pembaca hanya butuh untuk berlangganan pengumpan (feed) dari website
tersebut. Beberapa website atau blog hanya menyediakan umpan RSS berupa
beberapa baris kalimat atau ringkasannya saja, namun ada juga yang menyediakan
umpan berupa artikel penuh, tergantung tujuan dari masing-masing pengelola
website tersebut.
55. KONSEP IPTV
A.
Definisi
IPTV
IPTV adalah suatu layanan multimedia yang terdiri atas
programtelevisi, video (gambar bergerak), audio (suara), tulisan
(text),graphics (gambar diam) dan data yang disalurkan ke pelangganmelalui
suatu jaringan tertutup yang berbasis IP. IPTV bukan sekedar siaran TV yang
disalurkan melalui internet dandapat diakses oleh siapa saja, tanpa adanya
jaminan-jaminan daripenyelenggara. Penyelenggara IPTV menjamin pelanggan atas
kualitas (QoS/QoE),keamanan (security), kemampuan berinteraktif dan keandalan
darilayanan yang disalurkan oleh penyelenggara IPTV sampai layanantersebut
diterima oleh pelanggan-pelanggan. Dalam layanan IPTV, semua aktivitas layanan
baik video ataupun “interaktif melalui platform IP”disalurkan ke pelanggan
dengansuatu “jaringan tetap broadband” (fixed broadband network) xDSLatau FTTH
yang dapat dinikmati oleh pelanggan melalui suatupesawat TV standar dengan
IP-STB.
B.
Cara Kerja
IPTV
System IPTV dasar dapat kita gunakan untuk mendapatkan
akses ke berbagai media. Sebuah
perangkat televisi dihubungkan ke Set top box (STB) yang mengkonversi IP video
menjadi signal televisi standar. STB akan berfngsi menjadi penghubung ke sistem
switch dari IP video. Contoh dibawah menunjukkan Switched Video Service (SVS)
memberikan koneksi pada pemirsa untuk mengakses berbagai sumber , termasuk
siaran broadcast, servis langganan, bahkan pemesanan video. Ketika pengguna
ingin mengakses sumber-sumber media ini, semua perintah kontrol (biasa
dilakukan melalui remote kontrol) akan dikirimkan ke SVS yang nantinya akan
menentukan media mana yang akan dikoneksi. Diagram dibawah memnunjukkan bahwa
pengguna hanya membutuhkan satu video channel agar SVS dapat mengakses berbagai
sumber yang pada dasarnya tidak terbatas.
C.
Kendala IPTV
IPTV mendistribusikan layanan televisi sama seperti
halnya teresterial, satelit atau televisi kabel alternatif. Bedanya, pada IPTV,
konten dapat disesuaikan dan interaktif dengan kemampuan high-definition TV.
Internet protocol television atau IPTV saat ini sudah
banyak diaplikasikan di luar negeri. Namun, untuk dipasarkan di Indonesia masih
terganjal proses regulasi dan kesiapan infrastruktur.
Sampai saat ini pemerintah Indonesia belum secara
jelas menetapkan regulasi IPTV. Sebab, IPTV bisa masuk ke dalam tiga kategori,
yakni :
- Dari sisi kemampuan, IPTV masuk dalam kategori industri telekomunikasi,
- Dari konten masuk dalam kategori penyiaran,
- Dari sisi teknologi masuk dalam kategori internet.
D.
Layanan IPTV
Layanan IPTV secara umum meliputi broadcast televisi
dan video di atas akses internet dan interaksi multimedia dengan kecepatan true
broadband seperti game, shopping, dan advertising. Selain itu juga ada layanan
content on demand yang termasuk TV on demmand, video on demmand, music on
demmand, dan karaoke on demmand.
Layanan bisa disaksikan dengan perangkat televisi,
komputer, notebook, dan smartphone. Untuk tayangan live serta video on demmand,
IPTV mendukung standard definition (SDTV) serta High Definition (HDTV). Video
on demmand sendiri bisa dikontrol seperti layaknya menonton DVD.
E.
IPTV vs
Internet TV
IPTV
- Closed system, kualitas layanan terjamin(managed QoS).
- Video konten dikirim hanya kepadapelanggan (known subscriber) Pengiriman melalui IP packets sampaidengan pelanggan (end customer).
- Dikirim melalui infrastruktur jaringan milik service provider.
- Sesuai dengan jangkauan jaringan yang dimilikinya.
- Umumnya menggunakan IP-STB digitaluntuk mengakses dan pengkodeanlayanan konten.Menggunakan PC, software yangdigunakan tergantung formatkonten.
- Biaya
- Video konten dibuat oleh perusahaan profesional, jumlahnya terbatas.
Internet TV
- Open system, kontrol kualitas layanan tidak dijamin (BestEffort QoS).
- Video konten dikirim kepada siapapun Pengiriman melalui IP packets sampai internet cloud sendiri.
- Dikirim dan diterima melalui public internet yang melibatkanbanyak pihak.
- Tidak ada batasan wilayah, dimanapun ada akses internet.
- Umumnya menggunakan PC, software yang digunakan tergantung format konten.
- Gratis
- Video
konten bisa dibuat siapapun, jumlah kontennya tidak terbatas.
sumber :
1 komentar:
Visit Us>nice&interesting blog article,thank you and improve again
Posting Komentar