Serba-Serbi Twitter

Kamis, 25 April 2013


1.      Sejarah Twitter
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif. Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi "Larry the "Bird" pada tanggal 5 Juni 2012. Sudah lebih dari 400.000 kicauan dipost per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjadi 100 juta kicauan dipost per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per kuartal kicauan sudah dipost. Pada kuartal pertama tahun 2010, 4 miliar kicauan yang dipost. Pada bulan Februari 2010 pengguna Twitter mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta kicauan yang dipost setiap hari, setara dengan sekitar 750 kicauan dikirim setiap detik, menurut Twitter.
Pengguna Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010, ketika penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua periode 30 setelah Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor dipatahkan lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dipost setelah kemenangan Los Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika penyanyi Michael Jackson meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter turun karena pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata "Michael Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam.

2.      Konsep Twitter

Kalau dilihat dari konsep yang digunakan pada twitter, kita pasti sudah bisa melihat ada perbedaan dengan social network yang telah booming sebelumnya yaitu facebook. Pada twitter kita bisa menuliskan kicauan atau tweet sebanyak 140 karakter Batas karakter 140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan URL seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi multimedia isi dan teks yang lebih panjang daripada 140 karakter. Twitter menggunakan bit.ly untuk memperpendek otomatis semua URL yang dipost. Pada twitter dikenal istilah follower dan following, dimana Pengikut (follower) adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama sedangkan Following adalah kebalikan dari follower.

3.      Teknologi Twitter
Teknologi yang menjadi dasar pembuatan twitter adalah sebagai berikut : https://mateus92.files.wordpress.com/2012/03/twitter4.jpg?w=450
·         - API
API dapat digambarkan sebagai sebuah “pintu” untuk mengakses informasi dari sebuah situs web, layanan atau perangkat lunak untuk membangun aplikasi. Ini adalah sebuah perangkat lunak-untuk-software interface, bukan user interface. Dengan API, aplikasi berbicara satu sama lain tanpa pengetahuan atau intervensi pengguna. Sebagai pengguna, Anda hanya melihat satu antarmuka, tetapi di belakang layar, banyak aplikasi yang bekerja bersama dengan menggunakan API.
·         - Javascript
Bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan disisi klien. jika kita berbicara dalam konteks web, sederhananya, kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di browser.
·        -  Inline Media
Salah satu fitur produk yang penting adalah menanamkan konten pihak ketiga secara langsung pada situs web setiap kali menklik link ke salah satu mitra konten kami. Misalnya seperti Kiva dan Vimeo, Twitter bergantung pada standar oEmbed,membuat permintaan JSON-P sederhana untuk domain penyedia konten dan embedskonten yang ditemukan di respon. Untuk mitra media lain, seperti TwitPic dan YouTube,kita bergantung pada sumber daya embed dikenal yang dapat diprediksi dari URL, yang mengurangi permintaan jaringan dan menghasilkan kinerja yang lebih cepat.

4.      Kelebihan dan Kekurangan Twitter
Kelebihan Twitter
  •  Alat komunikasi yang cepat tanggap karena konsepnya seperti SMS
  • Pada twitter jika ingin menambah teman tiggal klik “follow” dan tidak harus menunggu konfirmasi seperti  pada jejaring sosial yang lain
  • Banyak selebriti/artis yang menggunakan twitter sehingga bisa menarik fans lebih banyak lewat jejaring sosial ini.
  •  Dapat mengubah gambar background twitter kita, sehingga bisa lebih menarik dan tidak monoton.
  • Menjangkau lebih luas tidak hanya antar teman saja.
  •  Mudah dinavigasi dan memperbarui, "link to" dan mempromosikan apapun
  • Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader
  • Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
  • Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
  • Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel

Kekurangan Twitter
  •  Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
  • Dibatasi sampai 140 karakter per update 
  •  Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
  • Lebih menekankan pada penghitungan follower   
  • Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
  • Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas
  • Tidak ada pilihan bahasa Indonesia
  • Following dibatasi hanya 2000 orang
  • Tidak bisa chatting dengan teman.
  • Foto untuk profil kecil ,dan tidak bisa membuat album foto seperti pada facebook.

5.      Keamanan pada Twitter

Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi sehingga "program keamanan informasi yang komprehensif" untuk secara independen diaudit dua kali setahun.

Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan mengepost dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.

Dan menurut saya keamanan twitter cukup kuat karena kita bisa mengatur account twitter kita untuk di  
protect agar orang-orang yang tidak kenal tidak mudah memfollow tanpa persetujuan dari kita.

6.      Pemanfaatan dan Pengembangan Twitter untuk masa depan

Di jaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, pemanfaatan dan pengembangan sebuah jejaring sosial ataupun hal yang lainnya pasti akan berkembang secara pesat. Khusus untuk jejaring sosial Twitter ini, sungguh banyak pemanfaatannya, antara lain jika ingin menyebarkan sebuah informasi kepada teman ataupun khalayak banyak kita tinggal “tweet” saja informasi yang ingin kita bagikan lewat twitter. Selain untuk memberikan informasi, twitter juga bisa digunakan sebagai media promosi suatu produk barang atau jasa secara online, sehingga para wiraswasta tidak perlu susah-sah lagi mempromosikan produknya face-to-face dengan orang lain, tetapi tinggal mempromosikannya lewat media jejaring sosial ini. Sungguh sangat bermanfaat sekali jejaring sosial dan kemajuan teknologi yang telah ada sekarang ini. Oleh karena itu kita sebagai kaum muda harus bisa memanfaatkan dan mengembangkan teknologi yang sudah ada ini untuk masa depan kita serta bangsa kita, namun harus dalam kode etik yang benar

Sumber:


0 komentar:

Posting Komentar