1.
Sejarah Twitter
Twitter
berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari
Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey
memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk
berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21
secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri
pada bulan April 2007.
Popularitas
Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by
Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter
meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu
sangat positif. Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan
meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi "Larry the
"Bird" pada tanggal 5 Juni 2012. Sudah lebih dari 400.000 kicauan
dipost per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjadi 100 juta
kicauan dipost per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per
kuartal kicauan sudah dipost. Pada kuartal pertama tahun 2010, 4 miliar kicauan
yang dipost. Pada bulan Februari 2010 pengguna Twitter mengirimkan 50 juta per
hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta kicauan yang dipost setiap hari, setara
dengan sekitar 750 kicauan dikirim setiap detik, menurut Twitter.
Pengguna
Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada kejadian menonjol. Sebagai contoh,
rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010, ketika penggemar menulis 2940 kicauan
per detik di kedua periode 30 setelah Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada
tanggal 14 Juni 2010. Rekor dipatahkan lagi ketika 3085 kicauan per detik yang
dipost setelah kemenangan Los Angeles Lakers di Final NBA
2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika penyanyi Michael
Jackson meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server
Twitter turun karena pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan
kata-kata "Michael Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam.
2.
Konsep
Twitter
Kalau dilihat dari konsep yang digunakan pada twitter, kita
pasti sudah bisa melihat ada perbedaan dengan social network yang telah booming sebelumnya
yaitu facebook. Pada twitter kita bisa menuliskan kicauan atau tweet sebanyak
140 karakter Batas karakter 140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek
layanan URL seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti
Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi multimedia isi
dan teks yang lebih panjang daripada 140 karakter. Twitter menggunakan bit.ly
untuk memperpendek otomatis semua URL yang dipost. Pada twitter dikenal istilah
follower dan following, dimana Pengikut (follower) adalah pengguna lain
yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut
akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke
dalam halaman utama sedangkan Following adalah kebalikan dari follower.
3. Teknologi Twitter
·
- API
API
dapat digambarkan sebagai sebuah “pintu” untuk mengakses informasi dari sebuah
situs web, layanan atau perangkat lunak untuk membangun aplikasi. Ini
adalah sebuah perangkat lunak-untuk-software interface, bukan user
interface. Dengan API, aplikasi berbicara satu sama lain tanpa pengetahuan
atau intervensi pengguna. Sebagai pengguna, Anda hanya melihat satu
antarmuka, tetapi di belakang layar, banyak aplikasi yang bekerja bersama
dengan menggunakan API.
·
- Javascript
Bahasa
pemrograman berbasis prototipe yang berjalan disisi klien. jika kita berbicara
dalam konteks web, sederhananya, kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa
pemrograman yang berjalan di browser.
· -
Inline
Media
Salah satu
fitur produk yang penting adalah menanamkan konten pihak
ketiga secara langsung pada situs web setiap kali menklik
link ke salah satu mitra konten kami. Misalnya
seperti Kiva dan Vimeo, Twitter bergantung pada
standar oEmbed,membuat permintaan JSON-P sederhana
untuk domain penyedia konten dan embedskonten yang
ditemukan di respon. Untuk mitra media
lain, seperti TwitPic dan YouTube,kita bergantung pada
sumber daya embed dikenal yang dapat diprediksi dari URL, yang
mengurangi permintaan jaringan dan menghasilkan kinerja
yang lebih cepat.
4.
Kelebihan dan Kekurangan Twitter
Kelebihan
Twitter
- Alat komunikasi yang cepat tanggap karena konsepnya seperti SMS
- Pada twitter jika ingin menambah teman tiggal klik “follow” dan tidak harus menunggu konfirmasi seperti pada jejaring sosial yang lain
- Banyak selebriti/artis yang menggunakan twitter sehingga bisa menarik fans lebih banyak lewat jejaring sosial ini.
- Dapat mengubah gambar background twitter kita, sehingga bisa lebih menarik dan tidak monoton.
- Menjangkau lebih luas tidak hanya antar teman saja.
- Mudah dinavigasi dan memperbarui, "link to" dan mempromosikan apapun
- Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader
- Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
- Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
- Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
Kekurangan
Twitter
- Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
- Dibatasi sampai 140 karakter per update
- Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
- Lebih menekankan pada penghitungan follower
- Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
- Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas
- Tidak ada pilihan bahasa Indonesia
- Following dibatasi hanya 2000 orang
- Tidak bisa chatting dengan teman.
- Foto untuk profil kecil ,dan tidak bisa membuat album foto seperti pada facebook.
5.
Keamanan
pada Twitter
Menanggapi
pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap
layanan yang telah diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama
kalinya FTC telah mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan
keamanan. Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan
informasi pribadi sehingga "program keamanan informasi yang
komprehensif" untuk secara independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21
September 2010, Sebuah cacing
komputer (worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah
akun pengguna mengirim kicauan, cacing komputer dalam skrip secara otomatis
akan membuka tautan dan mengepost dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian
digunakan untuk mengirim sembulan
iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.
Dan menurut saya keamanan twitter
cukup kuat karena kita bisa mengatur account twitter kita untuk di
protect agar
orang-orang yang tidak kenal tidak mudah memfollow tanpa persetujuan dari kita.
6. Pemanfaatan dan Pengembangan Twitter
untuk masa depan
Di
jaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, pemanfaatan dan pengembangan
sebuah jejaring sosial ataupun hal yang lainnya pasti akan berkembang secara pesat.
Khusus untuk jejaring sosial Twitter ini, sungguh banyak pemanfaatannya, antara
lain jika ingin menyebarkan sebuah informasi kepada teman ataupun khalayak
banyak kita tinggal “tweet” saja informasi yang ingin kita bagikan lewat
twitter. Selain untuk memberikan informasi, twitter juga bisa digunakan sebagai
media promosi suatu produk barang atau jasa secara online, sehingga para
wiraswasta tidak perlu susah-sah lagi mempromosikan produknya face-to-face
dengan orang lain, tetapi tinggal mempromosikannya lewat media jejaring sosial
ini. Sungguh sangat bermanfaat sekali jejaring sosial dan kemajuan teknologi
yang telah ada sekarang ini. Oleh karena itu kita sebagai kaum muda harus bisa
memanfaatkan dan mengembangkan teknologi yang sudah ada ini untuk masa depan
kita serta bangsa kita, namun harus dalam kode etik yang benar
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar